Bukti Ilmiah Hukum Karma dan Tumimbal Lahir
(Bagian 101)
Akhir Kata
Segala kasus tumimbal lahir yang telah dibahas
sebelumnya, tiada satupun yang indah, tapi malah sebaliknya, begitu tragis dan
berdarah-darah, penuh dengan tragedi dan kepahitan. Tumimbal lahir sungguh
merupakan siksaan, betapapun besarnya berkah yang bisa dimiliki, ambil saja
contoh Sylvester Stallone sudah cukup bukan! Kehidupan lampaunya juga
dipenggal, dipukuli juara tinju hingga menemui ajal.
Kisah yang tragis dan berdarah-darah ini, andaikata
tidak lagi bertumimbal lahir, alangkah baiknya! Maka manusia tak perlu harus
begitu sengsara lagi.
Buddha Sakyamuni yang penuh maitri karuna memberi
petunjuk jalan kepada manusia untuk mengakhiri samsara, dengan metode ini tak
peduli tabiat seberat apapun, juga bisa dikendalikan, juga bisa dalam satu
kelahiran membebaskan diri dari tumimbal lahir, metode apakah itu? Yakni melafal Amituofo, bertekad terlahir ke Alam
Sukhavati.
Dari
mana kita memulai usaha kita untuk keluar dari lingkaran tumimbal lahir ini?
Yakni dari hati, segala sesuatu harus dimulai dari hati. Pertama-tama kita
harus mempunyai keyakinan hati, yakin bahwa kita pasti bisa berhasil terlahir
ke Alam Sukhavati, kalau bukan demikian, maka kita takkan bisa mewujudkan
“dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus”.
Dengan
mewujudkan “dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus”,
maka tanpa disadari telah memasuki “Samadhi Pelafalan Amituofo”. Tidak perlu
menggunakan metode lainnya, dengan sendirinya KeBuddhaan pasti tercapai.
Metode
ini amat efektif bagi para makhluk di jaman berakhirnya Dharma ini, yakni yang
kita sebut sebelumnya sebagai tabiat dan penyakit batin yang berat. Maka itu
Buddha Sakyamuni membabarkan di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” : “Masa yang
akan datang semua makhluk di sepuluh penjuru alam dikarenakan pertanyaan-mu
(Ananda) akan memperoleh pembebasan sempurna”.
Masa
mendatang yang dimaksud adalah dihitung sejak Buddha Sakyamuni membabarkan “Sutra Usia Tanpa Batas”, masa mendatang itu juga
mencakup masa sekarang, semua makhluk termasuk di dalamnya adalah para Dewa dan
Manusia, semuanya akan mengandalkan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo dan berhasil memperoleh
pembebasan sempurna.
Apa
yang dimaksud dengan pembebasan sempurna? Yakni pada satu masa kehidupan ini
juga berhasil keluar dari lingkaran tumimbal lahir, takkan mengalami siksaan
samsara lagi, inilah yang disebut dengan pembebasan sempurna.
Dengan
terlahir ke Alam Sukhavati maka takkan mengalami tumimbal lahir lagi, maka itu
mengapa Pintu Dharma ini disebut sebagai Pintu Dharma yang istimewa. Semua
orang dapat melakukannya dan mencapai keberhasilan pada satu masa kehidupan ini
juga.
Dapat
memperoleh pembebasan sempurna, di seluruh jagat raya ini, hanya satu-satunya,
yakni Alam Sukhavati yang dapat mewujudkan harapan kita semuanya.
~~Tamat~~
Petikan Ceramah Dr. Zhong Mao-sen / Venerable Ding Hong
(一零一)
結束語
所有的輪迴案例,沒有一個是好的,都是血淋淋,充滿了悲慘遭遇。輪迴真的是苦,哪怕這一生福分再大,像史泰龍夠有錢了吧!前世也是被人斬首,被拳王打死。這樣血淋淋悲慘的情形,如果不輪迴該有多好!人就沒有那麼痛苦。
慈悲偉大的釋迦牟尼佛為大家指出一個特別的方法,這方法那怕是習氣重,都能夠控制,都能夠在這一生了脫輪迴,什麼方法?就是念阿彌陀佛,求生西方極樂世界。
從哪裡開始出輪迴?從心開始,一切法都要從心開始。首先要有信心,相信這件事情能辦得到,否則淨念就無法相續不斷。
能夠淨念相繼,就在不知不覺中進入所謂的念佛三昧。不用靠其他方法,就靠這個方法,「不假方便,自得心開」。
這種方法對現在末法眾生,就是剛才講的習氣、毛病特別重,一出門就都忘掉的人最有效。所以釋迦牟尼佛在《無量壽經》說:「當來諸天人民,一切含靈,皆因汝問而得度脫故。」這句話從佛說的時候開始算,當來就是將來,包括現在,一切的含靈,諸天人民,所有的眾生,都靠這個方法得度。什麼叫得度?這一生能夠脫離輪迴,不再受輪迴的苦,就叫得度。
能夠往生西方極樂世界就不輪迴了,為什麼?把輪迴的因斷掉了,念念都是淨念,都是佛號,念念都是覺悟,沒有迷。沒有迷,就沒有輪迴,所以這個方法叫做特別法門,每個人都能夠在這一生中辦得到。這也是愛因斯坦提出來的,能夠達到人類完全的解放,完全的自由,在這個宇宙當中只有在極樂世界可以做到。
文摘恭錄 — 因果輪迴的科學證明
鍾茂森教授主講