Petikan
Ceramah Venerable Ding Hong :
Saat melafal Amituofo, pikiran terbang
melayang, bagaimana cara mengatasinya?
Cara
mengatasinya juga mesti menggunakan lafalan Amituofo. Pikiran terbang melayang
merupakan gejala umum, apa alasannya? Tabiat sejak kalpa tanpa awal. Kebiasaan
mengkhayal kita sudah jadi tabiat, sekarang disuruh melafal Amituofo dan
menghentikan khayalan, tentu saja sulit diwujudkan.
Praktisi
jaman dulu berkata, “Tidak takut niat pikiran muncul, hanya saja takut
terlambat menyadarinya”, ketika pikiran melayang terbang, tidak perlu ditakuti,
hanya saja takut tidak menyadarinya.
Yang
namanya “sadar” atau tercerahkan itu adalah saat anda melafal Amituofo. Bagaimana
kalau sambil melafal Amituofo sambil berkhayal? Biarkan saja pikiran melayang
berterbangan, jangan dipedulikan, dia suka melayang terbang maka biarkan saja
dia beterbangan, yang penting saya melafal Amituofo, yang saya perhatikan cuma
lafalan Amituofo saja, sedangkan yang lainnya jangan dipedulikan.
Khayalan
itu tidak anda pedulikan, maka dengan sendirinya jadi lenyap. Khayalan itu
merupakan hal semu dan bukan nyata adanya, kalau memang nyata adanya, manalah
bisa sirna, namanya juga khayalan semu, asalkan anda tidak menghiraukannya,
maka dia juga akan lenyap dengan sendirinya.
Maka
itu yang penting jangan dipedulikan bentuk-bentuk pikiran itu, yang perlu anda
perhatikan hanya satu yakni lafalan Amituofo, beginilah cara mengatasi pikiran berkeliaran
tersebut.
Jadi
yang namanya mengatasi itu bukanlah berseteru dengan khayalan itu, kalau anda
berusaha menekannya malah lebih banyak lagi yang bermunculan, apa alasannya?
Oleh karena upaya anda berantam dan menekannya, juga disebut sebagai khayalan,
dengan khayalan mengatasi khayalan, tentu saja mustahil.
Ibarat
anda duduk di atas bangku, sekarang anda disuruh mengangkat bangku ini, apakah
masuk akal? Anda sedang duduk di atas bangku tersebut, mana mungkin bisa
mengangkatnya, mustahil!
Maka
itu dengan khayalan mengatasi khayalan, adalah serupa dengan anda sedang duduk
di atas bangku kemudian disuruh mengangkatnya, mustahil bisa melakukannya.
Lantas bagaimana? Jangan dihiraukan bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan itu.
Ibarat
pula sekarang anda sedang duduk di atas bangku, setelah anda bangkit dan
berdiri barulah bisa mengangkatnya, serupa pula sekarang anda meninggalkan
khayalan barulah bisa menghentikan khayalan tersebut. Bagaimana cara
meninggalkannya?
Yakni
dengan melafal Amituofo, menfokuskan pikiran pada lafalan Amituofo, biarkan
saja khayalan itu dan jangan dihiraukan, maka bentuk-bentuk pikiran akan reda
dengan sendirinya, kian lama kian hambar, akhirnya benar-benar reda dan
lenyap.
Kebenaran
ini juga merupakan cara untuk bertobat atas karma buruk yang diperbuat.
Dipetik dari : Ceramah Venerable
Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih
Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-166
Tanggal : 9 Juni 2012
Bertempat di : HK Buddhist
Education Foundation
对治的方法还是要靠念佛。妄念纷飞这是很正常的,为什么?无始劫来的习气。我们打妄念打成习惯了,现在让我们念佛,让我们把妄念止住,真的很难办到。古德讲,「不怕念起,只怕觉迟」,念头起来不怕,妄念纷飞也不怕,怕的是你没有觉悟到。怎么才叫真正觉?你提起佛号就叫觉了。那妄念还在打怎么办?由它打去,不管它,它在纷飞就让它飞去,我就念阿弥陀佛,我牢牢管住阿弥陀佛这句佛号,不要管那个妄想。那个妄想你不管它,它自然就没有了。妄,不是真的,真的它就断不了,妄的,你不理它它就断了。所以重要的是不要理会妄念,要理会阿弥陀佛,这是对治。对治不是要去跟它对立,跟它干起来,我使劲压它。你愈压它就愈多,为什么?因为你压它的这个念头也是妄念,你妄念对妄念就很难。就好像你坐在凳子上,你现在把凳子举起来,你坐在凳子上你能把凳子举起来吗,你试试看?不行!所以以妄念治妄念,就好像你自己坐在这个凳子上又要把凳子举起来,一样的道理,做不到。怎么办?不要理会。就好像你现在要举起凳子,你离开,离开那凳子就能把凳子举起来,道理是一样的,你现在离开妄念,就能让妄念止住。怎么离开?我就念阿弥陀佛,专心想佛号,妄念随它便,它自然就没有了,愈来愈淡,最后消除。这个道理就是忏悔业障的道理。
选自 修行与生活座谈会 定弘法师主讲 (第一六六集) 2012/6/9 香港佛陀教育协会