Senin, 02 Januari 2017

Peluang terlahir ke Alam Sukhavati


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Apakah peluang terlahir ke Alam Sukhavati adalah sedemikian kecilnya?

Mengapa dikatakan bahwa diantara sepuluh ribu praktisi pelafal Amituofo, yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati cuma tiga atau lima orang saja? Oleh karena diantara sepuluh ribu praktisi, cuma tiga atau lima orang saja yang melafal Amituofo dengan tulus, sedangkan sisanya 995 orang cuma melafalnya di mulut saja, meskipun melafal sampai tenggorokan pecah juga sia-sia.

Mengapa demikian? Dia tidak sudi melepaskan kemelekatan. Hanya tiga atau lima orang saja yang mau melepaskan kemelekatan, makanya cuma tiga atau lima orang saja yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Andaikata setiap orang juga mau melepaskan kemelekatan, maka puluhan ribu orang yang melatihnya, puluhan ribu pula yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Jadi persoalannya terpulang kembali pada diri sendiri, jangan tanyakan pada orang lain, apakah saya sanggup melepaskan kemelekatan? Asalkan saya sanggup melepaskan kemelekatan maka saya pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah hal yang pasti, takkan ada keraguan sama sekali; sebaliknya apabila saya tidak sanggup melepaskan kemelekatan, maka pasti gagal terlahir ke Alam Sukhavati, ini juga merupakan hal yang pasti.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-126
Tanggal : 26 November 2011
Bertempat di :  HK Buddhist Education Foundation


按照这样的机率,确实是比较小,万分之三、五。那我们问为什么会这样,为什么一万个人念佛只有三、五个人往生?因为一万个人念佛,只有三、五个人是真念,其他可能九千九百九十五个人都是有口无心,喊破喉咙也枉然。为什么?他不肯放下。只有三、五个人能放下,他就三、五个人往生。如果个个都放下,那一万个人「万修万人去」。所以问题是我们问自己,不要问别人,我能不能放下?我能放下我就能往生,肯定的,没有丝毫疑惑;我不能放下,那肯定不能往生,也是肯定的。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一二六集)  2011/11/26  香港佛陀教育协会